Time


Wednesday, January 14, 2009

Shitte Iruka? (Did You Know?)

Biasanya kalian bingung atau tidak tau pengetahuan umum tentang Jepang khan??? berikut kami jelaskan segelintir yang ada di Jepang…

Seinjinshiki

Adalah perayaan yang diadakan oleh para muda mudi untuk menyambut umur ke 20 mereka. Umur 20 merupakan umur kedewasaan, karena para muda mudi sudah mempunyai hak kewarga-negaraan dan mengeluarkan pendapat. Biasanya para gadis memakai kimono dan berfoto bersama untuk mengabadikan peristiwa itu.

Koinobori

Festival yang dikhususkan bagi keluarga yang mempunyai anak laki-laki. Diadakan setiap tanggal 5 Mei. Keluarga yang mempunyai anak laki-laki mengibarkan bendera berbentuk ikan karper di luar rumah, juga memajang seperangkat boneka samurai dengan baju zirah dan pedang di dalam rumah sebagai lambang kekuatan.

Haru no Higan

“HIGAN” musim semi ini berlangsung sekitar tanggal 21 Maret setiap tahun. Banyak orang mengunjungi makan keluarga untuk berdoa bagi arwah leluhur yang telah meninggal.

Hanami(Pesta menikmati sakura)

Biasanya dilakukan pada akhir Maret/awal April. Waktu bunga Sakura bermekaran di pohonnya berbeda-beda dari satu daerah ke daerah lainnya, di mulai dari daerah paling selatan. Dengan demikian pesta memandang dan menikmati Sakura juga berlainan waktunya. Banyak rombongan yang berpiknik di bawah pohon.

Hinamatsuri

Disebut juga FESTIVAL BONEKA, diadakan setiap tanggal 3 Maret. Keluarga yang mempunyai anak perempuan memajang boneka boneka keluarga istana dan merayakan pesta. Semua anak perempuan memakai kimono dan berkumpul didepan rak boneka sambil makan kue khas ‘hoshimochi, arare’, dll.

Oshogatsu

Ganjitsu (tanggal 1 Januari, hari pertama dalam 1 tahun) dirayakan di Jepang sebagai hari raya tahun baru. Pada umumnya selama 3 hari berturut-turut orang Jepang tidak bekerja. Awal tahun baru ini disebut oshogatsu. Selama hari hari tersebut orang Jepang mengunjungi kuil Shinto, dan juga saling mengunjungi sanak saudara. Para wanita memakai kimono yang berwarna warni, dan bersama keluarga minum sake (arak Jepang), makan makanan khusus tahun baru yang disebut ‘osechi ryoori’. Didepan rumah rumah dipajang potongan pinus dalam pot dengan 3 batang bambu runcing. Hiasan ini disebut KADOMATSU.

Setsubun

Upacara Setsubun berlangsung pada tanggal 3 atau 4 Februari. Pada senja menjelang malam, pintu rumah dibuka dan orang menyeraki butiran-butiran kacang kedelai panggang kesegenap penjuru rumh. Konon hal itu dilakukan untuk mengusir roh jahat.

Amaterasu Omikami

Merupakan dewi yang paling penting diantara dewa-dewi dalam mitologi kepercayaan Jepang. Amaterasu artinya ‘bersinar di surga‘ merupakan Dewi Matahari. Kaisar Jepang dipercaya merupakan keturunan langsung Dewi Matahari ini.

Yuki(Salju)

Di Jepang khususnya Hokkaido dan Tohoku turun salju pada musim dingin. Meskipun dingin, tapi anak anak di Jepang sangat suka salju, mereka membuat boneka salju (Yukidaruma) atau kelinci salju (Yukiusagi) dan main perang perangan dengan bola salju (Yukigassen). Ski adalah olahraga yang digemari anak anak sampai manula pada waktu musim dingin tiba.

Now Playing

BACK-ON - Fly Away(Single) 2009




Lyric


*Saa ryoute hiroge ano kumo wokoete
Niji no achi kugette mezasu basho he, flyaway
(Mukai kaze datte deka i kabe datte oikaze matotte Mezasu basho he)
Kimi gasobaniirukara

I held your hand cuz you said
Take you to the shining place from a maze

Kun wo shinji te dasono te atataka
Kute mistu merusono hitomi nikumorihanakute
Tsumikasane ta omoi ga kare ta daichi ni oto shita namida
Hitotsubu no shizuku ga hirogatte shoku toridorino hana wo saka shiteku

Tsuyoga rino naifu wo furimawashi te
Kizutsu kete kizutsu kete kurayami de saken deta

(Repeat*)

Toritachi oikaze ni notte hana tachi haazayakani sai te
It's a beautiful world imamade to chigau
Tomo ru koto naku sekai ha mawaru
Hitori mitsu metetanda boya kete fuukei
My clock has begun to work again
Kuno gasotto te wo nobashi te hikari tera su sekai no naku he

Itsuwari nonai ashita mitsu ketakute
Zenryoku de hane bataite
Kagayaku kun no moto he

Ima hikari tera su ano sora no hate he
Kun no te wo tsukan de hanasanai youni, flyaway
(Mukai kaze datte deka i kabe datte oikaze matotte Mezazu basho he)
Boku gasobaniirukara

Tsuyoga rino naifu wo furimawashi te
Kizutsu kete kizutsu kete kurayami de saken deta